New Al Wajiz

Ringkasan Ilmu Islam dan Ilmu Elektronika

Bolehkah Berdalil dengan Hadits Dho’if

BOLEHKAH BERDALIL DENGAN HADITS DHO’IF

Sebagian orang orang bodoh bahwa berhujjah dengan hadits hadits lemah dibolehkan secara mutlak. Mereka berdasar dengan sebagian ahul ilmi dalam bab ini. Tidak diragukan lagi, bahwa anggapan ini salah karena 2 alasan:


1. Bahwa kebolehan menggunakan hadits dho’if sebagai hujjah tidaklah secara mutlak menuruk kesepakatan imam yang lurus, namun kebolehan ini terbatas hanya pada masalah masalah keutamaan amal saja.

2. Bahwa para imam yang membolehkan untuk berhujjah dengan hadits dho’if telah meletakkan syarat syarat yang amat kerar,:

  • Bahwa kedho’ifan hadits itu tidak sampai kederajat dho’if jiddan (sangat dho’if), dimana perawinya adalah seorag pendusta, atau ia tertuduh sebagai pendusta, atau hadits palsu, atau irang yang terlalu banyak salahnys.

  • Bahwa amalan tersebut masih berada dalam kerangka amalan aslanya/hanya merupakan amalan cabang (yang masih bersandar pada hadits shohih) . Amalan tersebut bukan amalan yang tidak ada dasarnya (dalil utama) sama sekali .

  • Hadits hadits seperti ini tidak boleh disebarluaskan, tujuannya agar masyarakat tidak beramal dengan hadits dho’if ini, karena bisa jadi mereka nanti mengamalkan sesuatu yang tidak disyari’atkan, atau amalan itu akan disangka sebagai sunnah yang shohih oleh orang orang bodoh.

  • Orang yang mengerjakan amalan tersebut harus meyakini bahwa hujjah yang ia gunakan adalah hadits dho’if

(Ditulis oleh Abu ‘Ahmad ‘Abdul ‘Alim Al Mutafaqqih dari buku terjemahan Manhaj Talaqqi Baina Ahlus Sunnah wal Jama’ah wal Ahli Bid’ah terbitan Pustaka Arofah dengan judul Manhaj Talaqqi Menurut Ahlus Sunnah wal Jama’ah halaman 70)

21 February 2007 - Posted by | Aqidah dan Manhaj

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: